Kamera CCTV Anda Sering Vloss? Begini Cara Memperbaikinya

cara-memperbaiki-cctv-vloss-2

Seperti yang diketahui, tujuan memasang CCTV adalah untuk memantau dan juga meningkatkan keamanan daerah melalui kamera. Hasil rekaman menggunakan CCTV secara otomatis akan ditransfer ke monitor untuk mempermudah Anda memantaunya secara real time. Namun, bagaimana jika tiba-tiba CCTV Vloss atau tidak bisa merekam? Maka perlu bagi Anda untuk mengetahui cara memperbaiki cctv vloss. Kamera CCTV VLoss adalah kondisi dimana layar yang terlihat pada salah satu channel kamera atau semua berubah menjadi warna biru. Selain berubah warna, muncul pula tulisan Vloss pada display monitor. Kemudian, bagaimana cara mengatasinya?

Cara Memperbaiki CCTV Vloss dengan Mudah

cara-memperbaiki-cctv-vloss-1

Sebelum membahas terkait cara memperbaiki cctv vloss, ada baiknya jika Anda ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab CCTV menjadi Vloss. Sebab untuk memperbaikinya, Anda harus mengetahui sumber dari masalah hilangnya gambar pada kamera CCTV tersebut. Berikut ini adalah penyebab CCTV Vloss dan bagaimana cara mengatasinya.

1 ) Kamera CCTV rusak atau mati

Kamera yang mati ataupun rusak menjadi penyebab CCTV Vloss yang paling banyak terjadi pada berbagai kasus. Sebab jika terjadi kerusakan sedikit saja pada kameranya, maka gambar yang dihasilkan DVR untuk kemudian ditampilkan pada monitor juga akan mati. Oleh karena itu, jangan heran jika ada salah satu channel yang tidak akan nampak gambarnya. Untuk mengatasinya, hal yang perlu Anda lakukan adalah membeli kamera CCTV baru atau memperbaikinya ke tukang service.

2 ) Adaptor yang rusak

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan adapter atau power supply CCTV rusak, salah satunya adalah tersambar petir. Perlu Anda ketahui bahwa adaptor merupakan sumber listrik dari camera CCTV. Jadi jika adaptor ini tidak dapat berfungsi dengan benar maka wajar jika gambar pada DVR tidak bisa ditransfer ke monitor. Untuk dapat mengetahui apakah adaptor CCTV dalam keadaan mati atau tidak, Anda bisa menggunakan Avometer. Setelah dicek kemudian adaptor benar-benar mati, maka cara memperbaiki cctv vloss yang bisa Anda lakukan adalah menggantinya dengan yang baru.

3 ) DVR yang rusak

DVR rusak juga bisa menjadi penyebab mengapa kamera CCTV menjadi Vloss. Sebab perlu Anda ketahui bahwa DVR memiliki peranan yang sangat penting untuk mentransferkan rekaman kamera ke monitor. Jika bagian ini rusak atau mati, maka jangan heran jika ada gambar yang tidak dapat muncul di monitor. Salah satu penyebab DVR tidak dapat mengambil gambar adalah suhu yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda meletakkan DVR di tempat yang dingin dekat dengan kipas angin atau AC. Untuk mengecek kondisi DVR ini sangat mudah, Anda hanya perlu membuka chasingnya untuk kemudian didinginkan terlebih dahulu dengan cara diangin-anginkan atau diletakkan didekat AC. Setelah suhu DVR menurun, pasang kembali chasingnya. Jika DVR tetap tidak bisa menyala, maka  cara memperbaiki cctv vloss  terbaik yang bisa Anda lakukan adalah membawanya ke tukang service. Sebab komponen ini tidak bisa diperbaiki oleh sembarang orang.

4 ) Kabel CCTV yang rusak atau putus

Jika beberapa penyebab yang telah disebutkan tadi tidak ada masalah apapun, maka bisa jadi penyebab utama CCTV Vloss adalah kabel CCTV yang putus atau rusak. Hal ini sebenarnya biasa, mengingat kabel CCTV memang diletakkan di atas genteng yang seringnya menjadi tempat tinggal tikus. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda hanya perlu menggantinya dengan kabel baru yang lebih kuat dan tahan lama.

Sekian informasi terkait dengan penyebab dan cara memperbaiki cctv vloss. Semoga tulisan ini menjawab pertanyaan Anda yang bingung mengatasi CCTV yang Vloss.