Cara Setting IP Camera Hikvision ke Modem

cara-setting-ip-camera-hikvision-2

Berikut ini akan memberikan informasi tentang langkah untuk cara setting IP Camera Hikvision ke modem speedy. Beberapa alat yang dibutuhkan pada cara ini adalah DVR Infinity seri DV-2014, modem speedy, dan kamera CCTV Hikvision. Walau terkadang banyak masalah dalam melakukan setting tersebut karena memang dari speedynya sendiri yang memiliki sistem transparan Drs proxy yang mengakibatkan perangkat CCTV tidak bisa diakses dari luar. Namun tenang saja karena pada cara setting ini sangat mudah dan sudah dicoba pada beberapa tipe lain juga bisa berfungsi secara normal. Langsung saja cek langkah berikut ini untuk melakukan pengaturan dan pemasangan pada IP Camera tersebut.

cara-setting-ip-camera-hikvision-1

Cara setting IP camera Hikvision

Langkah Mudah Setting IP Camera Hikvision

  1. Langkah pertama yaitu menyiapkan alat yang dibutuhkan kemudian sambungkan koneksi LAN ke laptop atau komputer. Untuk IP address default dari DVR Infinity biasanya adalah 192.0.0.64. anda tinggal mengaksesnya melalui browser dengan mengetikkan IP address tersebut. Untuk username dan password bisa menggunakan admin dengan pas 12345
  2. Setelah bisa login anda bisa melanjutkannya ke menu konfigurasi lalu pilih Networks setting, kemudian pilih tap/IP. Anda bisa setting IP Addressnya menjadi 192.168.1.64 atau sesuai kebutuhan anda yang penting masih dalam satu kelas dengan modem. Modem speedy yang TPLink biasanya menggunakan IP Address 192.168.1.1, untuk menyelesaikannya tinggal klik Save.
  3. Masuk ke bagian login modem Speedy (untuk hal ini anda bisa bertanya dengan teknisi). Pada menu settingan modem tersebut akan mengarah ke DMZ atau Demiliterized zone. Username dan password dari modem tersebut jika belum diubah adalah admin dan passwordnya admin. Anda tinggal masuk pada menu Advanced Setup, lalu masuk ke NAT, dan DMZ, kemudian setting dengan IP yang sudah dibuat pada DVR sebelumnya
  4. Anda bisa masuk kembali ke menu DVR lagi untuk setting alamat DDNS pada DVR Infinity tersebut kemudian masuk ke menu confoguration > Networks setting > ddnsklik > lalu ceklist pada enable ddns dan pilih ddns The adalah HiDDNS, nantinya anda akan diminta untuk memberikan nama domain, anda tinggal berikan nama hiddns.com atau bisa bebas kemudian tekan Save.
  5. Masuk ke hiddns.com atau www.hik-online.com untuk melakukan pendaftaran baru untuk mendapatkan username dan password. Setelah berhasil anda tinggal memasukkan username dan password yang sudah dibuat sebelumnya. Masuk ke device manajemen kemudian add device.
  6. Anda tinggal memasukkan data dari Port yang ingin digunakan dan serial number yang ada pada produk tersebut. Untuk melihat serialnya bisa masuk di menu DVR > configuration > device informastion. Untuk device domainnya bisa menggunakan testcctv dahulu.
  7. Setelah berhasil akan ada notifikasi dan alamat web untuk diakses ke depannya yaitu hiddns.com/testcctv atau www.hik-online.com/testcctv
  8. Langkah selanjutnya tinggal setting pada aplikasi CCTV android agar bisa mulai dimonitor tentang tampilan CCTV tersebut. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa anda gunakan karena ini kebebasan anda untuk memilih tetapi yang paling rekomendasi adalah aplikasi iVMS-4500 yang sudah banyak dipakai orang untuk memantau IP Camera tersebut.

Demikian langkah mudah untuk setting IP camera Hikvision, jika terjadi kendala biasanya bukan dari server CCTV tetapi dari speedy yang masih bermasalah. Untuk cara setting aplikasi CCTV tersebut anda bisa mengikuti langkahnya pada masing-masing aplikasi tersebut.