7 Tempat Ini Disebut Nerakanya Dunia! Mengapa?

Bumi masih menyimpan misteri yang belum bisa dicapai oleh akal manusia. Salah satunya adalah beberapa tempat paling panas di Bumi. Planet ini sendiri memang memiliki suhu permukaan yang berbeda-beda di setiap tempat. Sebagai contoh tempat terdingin di dunia memiliki suhu di bawah 0 derajat Celcius. Bukan hanya -2 atau -5 derajat, bahkan ada tempat dengan suhu kurang dari -50 derajat yang masih juga dihuni manusia. Dingin alami yang pernah ditemukan ada di Antartika, dengan suhu -93,2 derajat Celcius. Sedangkan hawa dingin terendah yang pernah dihasilkan ada di Finlandia pada tahun 2000, di mana pendinginan rhodium dilakukan dengan suhu Absolute Zero atau setara dengan -273 derajat Celcius. Pada suhu ini, mungkin hanya super konduktor yang bisa bergerak. Nah, bagaimana dengan tempat terpanas di dunia?

7 Tempat Paling Panas Di Bumi

7 ) Timbuktu, Mali

tempat-paling-panas-di-bumi-1

Di peringkat 7 adalah negara yang mungkin jarang Anda dengar keberadaannya yaitu Mali. Salah satu kota di sana yaitu Timbuktu pernah menjadi daerah penyebaran Islam. Bahkan kota tersebut merupakan pusat kegiatan Islam di Afrika. Tempat ini menjadi salah satu tempat paling panas di Bumi karena terletak di tengah-tengah Gurun Sahara. Maka tidak heran suhu di sana sudah mencapai 54 derajat Celcius.

6 ) Kebili, Tunisia

tempat-paling-panas-di-bumi-2

Berikutnya adalah kota di salah satu negara di Afrika lagi, yaitu Kebili di Tunisia. Kota ini sudah dihuni sejak 200 ribu tahun yang lalu meskipun memiliki suhu yang panas. Suhu di kota ini mencapai 55 derajat Celcius. Alasan mengapa orang-orang sejak dahulu tinggal di kota ini adalah karena kota ini merupakan kota dengan oasis.

5 ) Gadhames, Libya

tempat-paling-panas-di-bumi-3

Sama seperti Kebili, kota berikutnya yang termasuk dalam tempat paling panas di Bumi adalah Gadhames di Libya dengan suhu 55 derajat Celcius. Kota ini memiliki keunikan yang diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia yaitu kota oasis dengan banyak tembok. Untuk melindungi diri dari serangan panas, rumah penduduk dibangun dengan menggunakan lumpur dan pohon kelapa sawit. Unik bukan?

4 ) Rub Al’Khali, Semenanjung Arab

tempat-paling-panas-di-bumi-4

Dengan suhu 56,1 derajat Celcius, gurun pasir yang mencakup negara-negara seperti Oman, Yaman, Uni Emirat Arab, dan Saudi Arabia ini diklaim sebagai gurun terluas di dunia. jika Anda ingin menyebranginya, sangat disarankan menggunakan peralatan super lengkap agar tidak tumbang akibat serangan panas.

3 ) Death Valley, California

tempat-paling-panas-di-bumi-5

Tempat paling panas berikutnya adalah Death Valley di negara bagian California, USA. Sesuai namanya, tempat ini menjadi tempat paling panas dan kering di Amerika bagian utara. Pernah mendengar tentang batu yang bergerak sendiri di gurun pasir? Disinilah tempatnya. Perubahan suhu antara siang dan malam pun sangat ekstrim. Pada siang hari suhu tertinggi yang tercatat mencapai 56.,6 derajat Celcius. Namun, saat malam hari suhu menjadi di bawah 0 derajat Celcius.

2 ) Dasht-e Lut, Iran

tempat-paling-panas-di-bumi-6

Tempat dengan suhu 70,5 derajat Celcius ini tentunya mengalahkan semua tempat lain yang telah disebutkan. Suhu ekstrem ini bahkan dijadikan bahan percobaan oleh para ilmuwan. Sebotol susu diletakkan di gurun, maka bakteri tidak dapat hidup dan susu tidak akan menjadi basi.

1 ) Flaming Mountain, RRC

tempat-paling-panas-di-bumi-7

Tempat paling panas di Bumi ternyata jatuh pada Flaming Mountain di Republik Rakyat China. Temperature terpanasnya adalah 80 derajat Celcius. Anda mungkin familiar dengan kisah Journey To The West yang mendinginkan gunung panas dengan kipas raksasa milik Putri Kipas. Yap, inilah gunung yang dimaksud.

Itulah 7 tempat paling panas di Bumi, semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan Anda.